USLUB MEMUJI DAN MENGHINA (اسلوب
المدح والذم)
Dalam ilmu nahwu dikenal beberapa uslub yang
disebut assalibu an-nahwiyah (الاساليب النحوية) , yang merupakan jamak dari kata اسلوب .
Kata اسلوب
berarti gaya bahasa dalam bahasa Indonesia
(kamus mutarjim), diantara uslub-uslub yang ada dalam ilmu nahwu adalah
uslub istifham ,uslub sarti, uslub tahdir,uslub igra,uslub tanaju, dan uslub
madh wa dzam yang akan saya bahas dalam postingan kali ini.
Ulama ahli nahwu membagi uslub madh wa dzam(اسلوب
المدح والذم) menjadi 3 bagian,yaitu:
1. Uslub madh wa dzam dengan menggunakan kata نعم untuk memuji dan بئسuntuk meghina.
2. Uslub madh wa dzam dengan menggunakan kata حبذا untuk memuji dan لا حبذاuntuk menghina.
3. Uslub madh wa dzam dengan menggunakan wajan fiil tsulasi.
A.
Uslub madh wa dzam
dengan menggunakan kata نعم dan بئس
1. نعم dan بئس
Para ulama berbeda pendapat tentang نعم dan بئسapakahtermasuk fiil atau isim, ulama Bashrah
berpendapat bahwa keduanya adalah fiil dengan beralasan keduanya bisa dimasuki
oleh ta ta’nis sukun dan merafakan failnya seperti dalam contoh نعمت المرأة فاطمة,
ulama kuffah berpendapat bahwa keduanya adalah isim dengan
beralasan keduanya bias dimasuki alif lam seperti dalam contoh , saya sendiri
sependapat dengan ulama Bashrah karena hujah mereka kuat dan paling banyak
dijadikan referensi oleh ulama lainnya.
2.
Memuji dan menghina menggunakan نعم dan بئس
a.
Unsur-unsur
Sebelum kita membahas uslub ini lebih rinci saya akan menjelaskan
usnsur-unsur yang terdapat dalam uslub ini terlebih dahulu. Unsur-unsur yang
terdapat dalam uslub ini adalah sebagai berikut:
a.
نعم dan بئس,
merupakan fiil jamid yang bermakna memuji atau menghina
b.
Isim setelah نعم
dan بئس merupakan fail dari kedua fiil tersebut.
c.
Isim setelah fail نعم
dan بئسdisebut mahsus yang merupakan obkek dari pujian atau hinaan.
d.
Jumlah نعم
dan بئسbeserta fiilnya merupakan khabar yang didahulukan ia berirab rafa
secara mahal(kedudukannya)
e.
Mahsus merupakan mubtada yang diakhirkan.
Jika kita buat skema untuk uslub memuji dan menghina menggunakan نعم dan بئسmaka gambarannya sebagai berikut:
Mahsus
|
Fail
|
نعم dan بئس
|
محمد
|
الرجل
|
نعم
|
هند
|
المراة
|
بئست
|
Mubtada
yang diakhirkan
|
Jumlah
khabar yang didahulukan
|
b.
Fail dari نعم
dan بئس
Dalam membuat fail dari نعم dan بئس
bias dengan empat cara,yaitu:
1.
Berupa
isim yang dimarifatkan dengan ال, seperti dalam contoh نعم الرجل محمد
2.
Berupa
isim nakirah yang diidhafatkan kepada isim yang dima’rifatkan dengan ال seperti dalam contoh نعم مكان الجزاء الجنة
3.
Berupa dhomir mustatir yang dijelaskan oleh tamyiz
seperti dalam contoh نعم خلقا الصدق
4.
Berupa isim mausul (من dan ما) seperti dalam contoh نعم ما يقول العالم,بئس من يقول الكاذب
c. Hukum-hukum
mahsus
Mahsus atau isim yang menjadi objek pujian atau hinaan mempunyai
beberapa keadaan dalam kalimat, sebagai berikut:
1.
Mahsus boleh didahulukan dari fiil, seperti dalam contohالصادق نعم الرجل , dalam keadaan seperti ini maka mahsus
berkedudukan sebagai mubtada. Ulama nahwu menamai mahsus macam ini dengan mus’ir
(مشعر)
sebagai mana perkataan ibnu malik dalam magnum opus-nya kitab alfiyah ibnu
malik,
وان يقدم مشعر به كفى # كالعلم نعم المقتنى
والمكتفى
2.
Mahsus
boleh didahuli oleh amil nawasikh, baik ia terletak setelah fiil seperti dalam
contoh نعم الرجل كان محمدmaka
dalam keadaan seperti ini mahsus berkedudukan sebagai isim كان dan fiil beserta failnya berkedudukan sebagai khobar كان yang didahulukan, atau ia terletak sebelum
fiil dan failnya seperti dalam contoh نعم الرجل كان محمد
3.
Boleh membuang mahsus jika terdapat indicator (qarinah)
yang jika mahsus dibuang perkataan dapat dipahami, seperti percakapan 2 orang
sahabat yang menceritakan kepintaran sahabatnya Ahmad نعم الرجل, انه عالم jika
kita perjelas percakapan tersebut maka akan menjadi نعم الرجل احمد, انه عالم kata Ahmad dalam percakapan tersebut dibuang
karena kedua sahabat tersebut telah mafhum dengan yang Ahmad yang diceritakan.
B.
Uslub madh wa dzam
dengan menggunakan kata حبذا dan لا حبذا
1.
حبذا dan لا حبذا
حبذا
merupakan rangakaian dari dua kata, berupa fiilحبyang berarti suka atau cinta danذا
isimisyaroh yang berbentuk mufrad mudzakar , sedangankan لا حبذا dengan tambahan لا nafyi yang menjadikan maknanya menjadi negative.
2.
Unsur-unsur
Seperti pada pembahasan uslub
madh wa dzam dengan نعم
dan بئس, حبذا dan لا حبذا
juga mempunyai unsur-unsur yang berbeda dengan sebagai berikut:
a.
حب merupakan fiil madhi jamid (yang tidak di derivasi) .
b.
ذا merupakan fail dari حب.
c.
Isim nakirah setelah ذا berkedudukan sebagai tamyiz yang menjelaskan ذا.
d.
Isim marifat setelah tamyiz berkedudukan sebagai mubtada yang
diakhirkan.
e.
Khobar dari mubtada adalah jumlah fiil fail beserta tamyiznya.
Jika kita buat skema untuk
uslub memuji dan menghina menggunakanحبذا dan لا حبذاmaka gambarannya sebagai berikut:
Mahsus
|
Tamyiz
|
Fail
|
Fiil
|
الجنة
|
المئوى
|
ذا
|
حب
|
النار
|
المئوى
|
ذا
|
لاحب
|
Mubtada yang
di akhirkan
|
Jumlah khobar
yang didahulukan
|
3.
Hukum-hukum mahsus
Para ulama nahwu berbeda pendapat tentang penempatan mahsus untuk حبذا dan لا حبذا,
Imam Abdul Rahman Al-makudi dalam syarahnya terhadap kitab alfiyah ibnu malik
mengatakan bahwa mahsus pada حبذا dan لا حبذاharus berada setelah fiil dan fail, sedangkan A. Sohib Khairani
seorang ahli nahwu asal Indonesia dalam bukunya Audlohul manaahij berpendapat
bahwa mahsus pada حبذا dan لا حبذا
boleh didahulukan seperti dalam contoh الصالح حبذا عبدا, bahkan beliau menambahkan bahwa tamyiz boleh
didahulukan dari mumayaznya seperti alam contoh رجلا حبذا الصالح .
C.
Uslub madh wa dzam
dengan menggunakan wajan fiil tsulasi
Para ulama juga membolehkan membuat uslub madh wa dzam dengan menggunakan fiil, dengan syarat sebagai berikut:
1.
Fiil harus terbuat dari fiil tsulasi
2.
Berwajan فعُل (dhamah
a’in fiil)
3.
Fiil berbentuk jamid (tidak diderivai)
4.
Adapun amalnya mengikuti amal نعم dan بئس
Catatan : jika
fail fiil tersebut berbentuk mustatir yang kembali kepada tamyiz setelahnnya,
maka ada 2 alternatif dalam penulisan fiilnya, sebagai berikut:
1.
Fiil berbentuk mufrad secara mutlak baik failnya berbentuk tasniah,
muanast, atau jamak
2.
Fiil menyesuaikan dengan failnya.
Casino, Hotel and RV Park, Atlantic City, NJ - MapYRO
ReplyDeleteFind Casino, Hotel and RV Park, Atlantic City, NJ, real-time driving directions to 남양주 출장마사지 Casino, 아산 출장샵 Hotel and RV 전라북도 출장샵 Park, 김포 출장안마 Atlantic City, 전라북도 출장샵 NJ.