Thursday, December 7, 2017

KEAJAIBAN/KEMUSTAZABAN WUDHU UNTUK WAJAH

  Ibadah wudhu tampaknya sepele dan mudah dilakukan. Karena itu, banyak umat islam yang memandangnya biasa-biasa saja. Padahal, bila wudhu dikerjakan tidak sempurna, shalatnya pun tidak akan diterima (H.R Bukhari No 135 dan Muslim No 224-225).

 Kendati sederhana, namun sangat besar manfaatnya. Hal ini dibuktikan oleh salah satu ahli kesehatan dunia yakni Prof. Leopold  Werner Von Ehrenfels, seorang psikiater sekaligus neurology berkebangsaaan Austria yang menemukan sesuatu yang menakjubkan dalam wudhu karena mampu merangsang pusat syaraf dalam tubuh manusia dikarenakan keselarasan Air dengan Wudhu dan titik-titik syaraf, serta kondisi tubuh senantiasa akan sehat.

    Bayangkan dan bandingkan wajah orang-orang yang terbiasa tersapu Air wudhu dengan mereka yang jarang berwudhu, maka sangat jelas perbedaannya dari segi aura dan kebersihan wajah. Air wudhu memiliki pancaran keistimewaan yang tak dapat dikalahkan oleh kecanggihan kosmetik.

    Menurut beberapa ahli, bahwa sapuan Air wudhu yang dilakukan rutin 5 kali sehari semalam dapat mencegah :๐Ÿ‘‰๐Ÿปkanker kulit, membersihkan sel-sel kulit, dan membentuk aura kecantikan tersendiri bagi wanita.

   Daripada membeli pembersih wajah yang harganya selangit belum tentu baik, untuk kesehatan kulit. Alangkah baiknya jika beralih ke Air wudhu disampinh sangat bermanfaat dan mudah, tinggal bagaimana meluruskan niat dan menjaga agar tetap istiqomah.
Berikut Tips-nya:
-Bangun awal pagi untuk shalat shubuh. Air wudhu yang mengenai muka akan mengencangkan kulit.
-Menunaikan shalat Dzuhur. Air wudhu tang mengenai muka akan mencerahkan mata.
-Tidak melalaikan shalat Ashar di waktu sore. Air wudhu yang mengenai muka akan menghilangkan bau hidung dan mulut.
-Shalat isya. Air wudhu yang mengenai muka akan menceriakan wajah dari kemungkaran.

   MANFAAT:
-Struktur wudhu memang menyehatkan.
-Membantu menjaga kesehatan wajah.
-Semakin mendekatkan diri pada ilahi.
-Di do'akan oleh malaikat.
-Ketika mati, ia akan dianggap mati syahid.
-Merilekskan otot sebelum tidur.
-Mampu mencerahkan kulit.
-Disunnahkan oleh Rasulullah SAW.
-Menghindari penyakit kulit.
-Menormalkan detak jantung.
-Menyembuhkan insomnia.

 Tentang disyariatkan dan diwajibkannya wudhu ini, maka Allah Ta'ala berfirman:
 ูŠุง ุง ูŠู‡ุง ุง ู„ุฐูŠู† ุง ู…ู†ูˆ ุงุงุฐุง ู‚ู…ุชู… ุงู„ูŠ ุงู„ุตู„ุง ุฉ ูุง ุบุณู„ูˆุงูˆุฌูˆ ุญูƒู… ูˆุงูŠุฐูŠูƒู… ุง ู„ูŠ ุงู„ู…ุฑุง ูู‚ ูˆุงู…ุณุญูˆุง ุจุฑ ุง ุณูƒู… ูˆุง ุฑ ุฌู„ูƒู… ุงู„ูŠ ุงู„ูƒุนุจูŠู† (6)
Artinya:
"Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka cucilah muka-muka kalian dan tangan-tangan kalian sampai ke siku, usaplah kepalamu dan cucilah kaki-kaki kalian sampai kedua mata kaki "(Q.S. Al-Maidah:6)

   Wudhu menjadi sesuatu yang akrab bagi kaum muslim, pasalnya wudhu merupakan Salah satu cara bersuci untuk melakukan ibadah dalam islam. Wudhu menjadi ritual suci, sebelum menginjak sajadah dan mengenakan mukena yang hendak melakukan shalat atau ibadah suci lainnya.

➡ Republika pada 5/03/07yang lampau, "Dokter Ahmad Syauqi Ibrahim peneliti hidung, penyakit dalam, dan penyakit jantung di London mengatakan "para pakar sampai pada kesimpulan: Pencelupan anggota tubuh ke air akan mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan pada syaraf dan otot, menormalkan detak jantung, kecemasan dan insomnia (susah tidur)". Nah, dari laporan tersebut bisa kita tarik kesimpulan, bahwa Air wudhu mampu menjaga wajah wanita tetap cantik.

➡Mokhtar Salem dalam bukunya "Prayers a Sport for the Body and Soul".Menjelaskan bahwa wudhu dapat mencegah kanker kulit. Jenis kanker ini banyak disebabkan oleh bahan-bahan kimia yang setiap hari menempel dan terserap oleh kulit. Apabila dibersihkan dengan air (Terutama saat berwudhu), maka bahan kimia tersebut akan larut bersama air. Selain itu wudhu juga dapat membuat seseorang menjadi tampak lebih muda.

➡Di dalam buku Mukjizat berwudhu karya Drs. Oan Hasanuddin, R. O, Akp, MA. Dijelaskan bahwa anggota badan yang dibasuhi Air wudhu memiliki titik akupresure dan akupunktur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Titik-titik tersebut merupakan bagian titik pijat dan akupunktur untuk mengobati berbagai macam penyakit.
    Setiap perintah Allah SWT tentu memiliki hukmah kebaikan dibaliknya. Tapi sayang, masih banyak yang belum menyadarinya! Percayalah, orang yang sering berwudhu aura wajahnya akan lebih tepancar dan berseri-seri .

Catatan: Memang terdapat penelitian dan terbukti bahwa wudhu dapat membuat wajah lebih cantik, tetapi janganlah berwudhu karena hanya mengejar niat ini. Baiknya, apa-apa yang kita lakukan selalu arahkan untuk mencapai Ridha Allah SWT.
Sekian, semoga bermanfaat ๐Ÿ˜Š

Cipasung, 04 Desember 2017 
Waktu: 11:20
Wassalam....

0 komentar:

Post a Comment

loading...