Thursday, December 7, 2017

BERPUASA


    Puasa secara bahasa adalah menahan diri dari sesuatu. Sedangkan secara terminologi adalah menahan diri pada siang hari dari berbuka dengan disertai niat berpuasa bagi orang yang telah diwajibkan sejak terbit fajar hingga terbenam matahari.
   Syarat wajib puasa yang harus kita ketahui yaitu ada 3 perkara dan menurut sebagian salinan matan ada 4 perkara yaitu: 1). Islam 2). Baligh 3). Berakal 4). Mampu atau kuasa untuk berpuasa.
  Dan perkara yang dapat membatalkan puasa yaitu ada 10 perkara:
1). Masuknya aen atau sesuatu terhadap jauf dengan sengaja
2). Sampainya aen yang dinamai perkara ini terhadap jauf (rongga)
3). Memasukan obat pada salah satu lubang ( minum obat atau masuk kemana saja sesakitnya orang sakit
4). Muntah halnya di sengaja maka seandainya tidak di sengaja tidaklah batal puasanya
5). Wati ( bersetubuh) halnya di sengaja pada parji, maka seandainya lupa atau tidak di sengaja tidaklah batal puasanya
6). Keluar air mani, maksudnya keluar air mani karena bersentuhan kulit meski tidak berjima ( rangsangan ) diharamkan berpuasa jika keluar air mani dengan tangannya sendiri, tidak di haramkan jika keluar air mani dengan tangan istrinya atau dengan tangan jariyahnya ( budak perempuan ). Kecuali keluarnya air mani di sebabkan mimpi maka tidak batal puasnya
7). Haid
8). Nifas
9). Gila
10). Murtad
 
Dan di sunatkan saat berpuasa 3 perkara:
1). Disunatkan menyegerakan berbuka seandainya yakin bahwa waktu magrib atau waktu berbuka telah tiba dan di sunatkan ketika berbuka dengan 3 biji buah kurma dan jika tidak maka dengan air putih
2). Disunatkan mengakhirkan sahur selama takada keraguan waktu imsak dan hasil atau sah ahurnya meski hanya sedikit makan dan minumnya
3). Disunatkan meninggalkan keburukan keburukan, lebih jelasnya yaitu meninggalkan keburukan dari ucapan-ucapan yang buruk
  Dan juga berpuasa itu sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan, karena berpuasa ada kaitannya dengan proses detoksifikasi atau pengeluaran zat racun dari tubuh, apa lagi jika berpuasa di bulan ramadhan yang di lakukan selama 1 bulan penuh yang dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  Manfaat-manfaatnya yaitu:
1. Meningkatkan kemampuan otak; karena ouasa dapat meningkatkan neurotropik yang diturunkan dari otak, yang membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak sel-sel otak, dan pada akhirnya dapat meningkatkan fungsi otak.
2. Membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah; karena ketika berpuasa penurunan LDL yang baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
3. Menurunkan kadar kolestrol; karena orang yang berpuasa dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah (dalam sebuah penelitian di Uni Emirat Arab).
4. Dapat berfikir lebih tajam dan kreatif; karena berpuasa dapat membuat fikiran menjadi lebih tenang dan melambat, dan menurut sebuah penelitian jika fikirannya melambat dapat membuatnya bekerja lebih tajam.
5. Mengurangi kebiasaan buruk; karena berpuasa adalah salah satu cara yang tepat untuk mengubah gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk.

 Dan juga masih banyak lagi manfaat berpuasa salain ke 5 manfaat di atas tadi.

  Adapun dalil yang menjelaskan tentang wajib berpuasa yaitu:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ. أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍفَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ فَمَنْ تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَهُ وَأَنْ تَصُومُوا خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ.
Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa), membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya. Berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui".

0 komentar:

Post a Comment

loading...