Thursday, December 7, 2017

SHALAT SUNAT 2 HARI RAYA





SHALAT SHALAT SUNAH

-SHALAT 2 HARI RAYA
Shalat 2 hari raya yakni hari raya idul fitri dan hari raya idul adha atau hari raya qur'ban hukumnya adalah sunah yang sangat ditekankan. Shalat hari raya tersebut dilakukan dengan berjama'ah, bisa dilakukan sendirian juga sebab berpergian, orang yang merdeka,budak,orang banci.
Adapun orang yang tidak mampu (tidak kuasa) maka hendaknya mengerjakan shalat ied dengan pakaian yang dipakai sehari-hari dirumah tanpa memakai wangi wangian.
Shalat hari raya itu waktunya ialah antara terbitnya matahari dan condongnya.
Shalat hari raya terdiri dari 2 rakaat bertakbirotul ihram dengan niat shalat hari raya fitrah atau hari raya qur'ban.

Sesudah takbirotul ihram kemudian membaca doa iftitah dan bertakbir sebanyak 7X pada rakaat pertama. Selain dari takbirotul ihram kemudian membaca taawudz, membaca fatihah,lalu membaca surat Qaaf dengan suara keras.

Sunah menunaikan dua khutbah sesudah mengerjakan shalat dua rakaat, khatib bertakbir sesudah mengerjakan shalat 2 rakaat. Permulaan khutbah yang pertama sebanyak 9X secara bersambung dan dipermulaan khutbah ke 2 bertakbir 7X. Dalam dua khutbah baik nya bacaan tahmid,tahlil,dan pujian terpisah.

Takbir disini dibagi 2 yaitu:

1) Takbir musal-> ialah takbir yang dilakukan mengiringi shalat hari raya fitrah.

2) Takbir muqqayad-> ialah takbir yang dilakukan mengiringi shalat hari raya qur'ban.
Sunah bertakbir bagi setiap laki-laki,perempuan,orang yang berada dirumah,orang yang sedang berpergian, masjid-masjid, mulai matahari terbenam pada malam hari raya fitrah.
Bertakbirlah di Hari Raya qur'ban sesudah mengerjakan shalat-shalat fardu, baik orang itu mengerjakan shalat pada waktunya dan mengerjakan shalat rawatib. Takbiran itu dimulai dari subuh hari arafah sampai datang waktu ashar dari hari tasyriq yang terakhir.

Hikmah SHALAT 2 HARI RAYA:
1) Hikmah Kegembiraan dan Kesyukuran
Disunahkan kita bergembira, berbahagia dan bersuka cita pada hari raya, bersyukur telah menyambut hari kemanangan.

2) Hikmah Ketaqwaan dan Keimanan
Disunahkan untuk memperbanyak tahlil,tasbih,tahmid,takbir untuk memperkuat iman kita. Karena dalam memperingati perayaan biasanya banyak yang lalai dalam beribadah berdzikir dan mengingat Allah SWT.

3) Hikmah Kefitrahan
Dalam perayaan 2 Hari Raya besar kaum muslimin kembali kepada fitrah atau kembali pada kesucian. Pada bulan Ramadhan banyak keistimewaan salah satunya untuk peleburan dosa dan penghapusan dosa yang mengotori hati.

4) Hikmah Kepedulian
Sifat kepedulian tampak nyata saat bulan mulia datang banyak nya orang yang memberi, berinfak, dan bersedekah.

5) Hikmah kebersamaan
Kebersamaan sesama umat muslim saat Hari Raya datang ketika bertadarus bersama, berdoa
bersama, berzakat fitrah,membagikan daging qur'ban kepada masyarakat. Hal itu merupakan ibadah.

Keutamaan Shalat Idul Adha:

1) Amal Ibadah Berlipat
   Jatuhnya Hari Raya Idul Adha umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan amalan ibadah sebanyak banyaknya seperti Shalat sunah Idul Adha dan berqurban bagi yang mampu.

2) Sempurnakan Dengan Qur'ban
   Setelah melakukan ibadah shalat Idul Adha bagi yang mampu sebaiknya disempurnakan dengan melakukan penyembelihan hewan qur'ban. Berqur'ban merupakan ibadah yang dianjurkan.

3) Dihapuskan Dosa
   Dalam melakukan Hari Raya Idul Adha dengan shalat idul adha dan ber Qur'ban dihapuskan nya dosa selama satu tahun sebelum dan sesudah.

Keutamaan Shalat Idul Fitri:

1) Mengagungkan asma Allah
   Dengan melaksanakan shalat sunah ied kita akan banyak mengucapkan asma Allah berkali kali. Dengan demikian, kita akan mendapatkan pahala dan banyak mengingat Allah.

2) Shalat berjamaah
   Dengan shalat ied berjamaah kesempatan bagi setiap muslim untuk merapatkan barisan dan mendapatkan kebersamaan lewat shalat berjamaah.

3) Silahturahmi sesama muslim
   Dalam hari yang Fitri ini kita juga mendapatkan kesempatan untuk bersilaturahmi dengan sesama muslim, bermaaf maafan dengan kerabat dekat dan tetangga kita.


Dan itulah beberapa hikmah serta keutamaan Shalat 2 Hari Raya. Semoga kita sebagai umat manusia selalu dalam bimbingan Allah dalam beribadah. Dan selalu mendapat banyak kesempatan untuk menyambut Hari Raya Kemenangan. Dengan adanya hari peringatan tersebut kita diuji untuk selalu dekat dengan Allah dan mendapat banyak pahala pahala yang tidak bisa terhitung.

0 komentar:

Post a Comment

loading...